Belva Devara, CEO Ruang Guru Mengundurkan Diri dari Posisi Stafsus Presiden Jokowi - Viral Blog
News Update
Loading...

Wednesday 22 April 2020

Belva Devara, CEO Ruang Guru Mengundurkan Diri dari Posisi Stafsus Presiden Jokowi


Satu minggu terakhir, nama Belva Devara menjadi perbincangan netizen di media sosial. Hal ini berkaitan dengan keikutsertaan Ruang Guru, platform pendidikan yang dipimpinnya sebagai salah satu stake holder yang bekerjasama memberikan pelatihan untuk pemegang Kartu Prakerja. 

Meskipun sudah menjadi seorang staf khusus, Belva memang tidak melepaskan posisinya sebagai CEO Ruang Guru, dimana keberhasilannya mendirikan dan memimpin Ruang Guru membuatnya terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine di tahun 2017. 

Belva Devara (Sumber; Instagram @belvadevara)
Masyarakat menganggap bahwa posisi Belva sebagai stafsus Jokowi menjadi tidak etis, karena dikhawatirkan akan terjadi konflik kepentingan. Pemuda kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 dan alumnus bergelar ganda dari Harvard University dan Stanford University ini pun dicecar oleh banyak pihak dan dianggap menggunakan posisinya sebagai stafsus Jokowi untuk bisa mendapatkan proyek bagi Ruang Guru agar bisa masuk ke dalam pelatihan pemegang Kartu Pra Kerja lewat skill academy.

Setelah mendapat banyak kritikan tentang hal tersebut, kemarin (21 April 2020), Belva mengumumkan pengunduran dirinya dari posisinya sebagai Stafsus Jokowi. Belva menulis surat terbuka tentang pengunduran dirinya ini di akun instagramnya. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Salam sejahtera untuk kita semua.

Semoga di masa pandemi ini kita diberikan kesehatandan kekuatan dari Allah yang Maha Penyayang.

Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya seagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu PraKerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang emunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja.

Namun, saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi/persepsi publik bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecanya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19 ini.

Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memahami dan menerima pengunduran diri saya.

Walau singkat sungguh banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dari pekerjaan sebagai Stafsus Presiden. Saya merasakan betul bagaimana semangat Bapak Presiden Jokowi dalam membangun bangsa dengan efektif, efisien, dan transparan. Sehingga di manapun saya berada, di posisi apapun saya bekerja, saya berkomitmen mendukung Presiden dan Pemerintah untuk memajukan NKRI.

Dengan ini saya juga ingin menjelaskan bahwa saya tidak dapat merespon pertanyaan-pertanyaan media dalam beberapa hari terakhir karena saya ingin fokus dalam meneyelesaikan hal ini terlebih dahulu. Terima kasih untuk teman-teman yang telah menghormati dan menghargai keputusan saya tersebut.

Semoga kita semua bisa segera keluar dari masalah pandemi yang berat ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Belva Devara

Mundurnya Belva dari jajaran Stafsus Jokowi memang mengagetkan banyak pihak, dan ini membuat namanya muncul sebagai trending twitter. Namun, tak sedikit pula yang salut dan respect dengan keputusan yang diambil oleh Belva Devara seperti yang ditulis oleh Surya Sahetapy, seorang difabel berprestasi yang juga putra dari artis Dewi Yull, “Good Luck! Looking forward to your next magic. Cannot wait! Your value inspires us”.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done