Viral HP Murah dan Tips Membelinya - Viral Blog
News Update
Loading...

Saturday 10 July 2021

Viral HP Murah dan Tips Membelinya

 Beberapa waktu lalu, pernah dengar gak sih, ada berita viral tentang hp murah gitu? Jadi, ceritanya ada bapak-bapak yang kepincut buat checkout barang di aplikai, gegara dapat potongan harga, android dihargai dengan nominal 90 ribuan. Buset, kalau dipikir secara rasional mana ada android seharga segitu ya kan?

Namun, dari pengakuan sang anak yang kemudian diunggah ke tik tok, si bapak jadi pesen tuh hp murah. Tau gak sih, pas nyampe rumah, apa yang didapat si bapak? SEPATU! Iya, sepatu. 

Hadirnya official store di marketplace online membuat pembelian smartphone sekarang ini menjadi serba mudah. Apalagi banyak produk smartphone dari berbagai kelas yang di jual di pasaran, mulai dari hp murah sampai hp mahal, semua tersedia dalam banyak model dan varian.

Berbeda dengan membeli hp flagship yang mungkin bikin kita "zonk"-nya kecil, mencari hp murah terbaik juga membutuhkan ketelitian dan pengetahuan lebih. Apalagi kalau sudah masuk ke ranah spesifikasi smartphone.

Tips Membeli Hp Murah Terbaik



Pada umumnya, salah satu kesalahan terbesar kita saat membeli hp murah adalah terlalu percaya pada iklan, padahal produknya itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, agar kita tidak mengalami hal yang merugikan tersebut ketika membeli hp baru, kita perlu tahu tentang spesifikasi hp murah yang akan kita beli.

Terlebih lagi bila pembelian hp dilakukan secara online, dimana kita tidak bisa bertanya dan melihat langsung produknya. Agar tidak rugi ketika membali hp murah, berikut ini beberapa tips yang dapat kita ikuti.

Pilih Hp dari Kelas Mid Range/Menengah

Maksud dari hp kelas mid range adalah dengan harga yang mungkin tidak bisa dibilang murah, namun masih berada pada kisaran harga yang dapat terjangkau. Smartphone yang ada di kelas mengah ini bisanya dibanderol kisaran harga Rp 2 - 3 jutaan, dan pada umumnya menawarkan spesifikasi yang lumayan mumpuni.

Kenapa mesti dari kelas mid range? Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, dari segi spesifikasi, kualitas hp kelas mid range jelas lebih baik dibanding membeli hp di kelas entry level. Di samping itu, pilihan produk untuk kelas mid range lebih banyak, sehingga kita punya kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan secara lebih mudah.

Jika budget yang dimiliki tidak memungkinkan untuk membeli hp di kelas ini, kita juga bisa memilih hp pada kisaran harga 1 jutaan, namun dengan mempertimbangkan beberapa macam, salah satunya mungkin merk smartphone tersebut dan bagaimana track record produknya.

Lihat Chipset yang Dimiliki Hp

Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah sering menjebak kita dan banyak orang untuk membeli smartphone dengan spesifikasi yang mengecewakan namun dijual dengan harga yang sangat mahal. Salah satu yang banyak tidak kita ketahui adalah masalah chipset atau prosesor.

Kini, pilihan prosesor hp biasanya berada di seputar Snapdragon atau MediaTek, walaupun sebenarnya banyak jenis prosesor chipset lainnya seperti Kirin atau Exynos. Kita ambil contoh untuk hp prosesor Snapdragon, lebih baik membeli hp dengan Snapdragon 710 atau Snapdragon 712.

Namun jika tidak ada budget yang memungkinkan, sebaiknya memilih hp Snapdragon 660 atau Snapdragon 665. Bila pilihan jatuh ada prosesor MediaTek, cari artikel yang merekomendasikan hp menggunakan MediaTek Helio G85, atau MediaTek Helio G90T, atau MediaTek Helio G95 agar meminimalisirkan rasa kecewa setelah membelinya.

RAM yang Memadai

Bila bicara RAM, pemilihan hp murah terbaikn memang harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. Hp di kelas menengah biasanya memiliki RAM 3 GB atau 4 GB, namun bila budget kita tidak memungkinkan, bisa juga kita memilih RAM 2 GB, namun agaknya kita harus teliti melihat speknya. Hp dengan RAM 3 GB dijual dengan harga 1 jutaan, namun bila kita memiliki budget lebih, alangkah lebih baik untuk membeli hp RAM 4 GB, atau hp RAM 6 GB.

Secara umum, semakin tinggi RAM yang digunakan pada smartphone, maka akan makin mahal juga harga hp-nya. Namun kini banyak produsen smartphone yang sudah menjual hp murah dengan spek dewa.

Tips memilih hp murah berkualitas di atas hanya sekadar panduan agar kita setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan tentang smartphone yang akan kita beli. Panduan tersebut tentunya tidak mutlak karena mungkin masih banyak tips lain yang dapat dijadikan referensi, selain itu preferensi setiap orang berbeda-beda. Namun setidaknya panduan dan tips membeli hp murah berkualitas dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kita. Selamat memilih hp murah!


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done